Waspada SMS Chat-V.com di Gadget Kamu, Jangan Klik Linknya

16 Jun 2020, 07:30:57 WIB Teknologi
Waspada SMS Chat-V.com di Gadget Kamu, Jangan Klik Linknya

Pernah mendapat kiriman SMS yang telihat seperti SMS Normal tapi sebenernya berbahaya ?

Belakangan ini banyak pengguna Gadget mendapat sms yang  diakhir SMS nya terdapat tautan chat-v.com. SMS ini bahkan menyapa dengan nama sapaanmu dan seolah-olah  seperti SMS biasa yang dikirim  dari aplikasi yang kamu punya, seperti tangkapan layar dari penerima SMS.


Baca Lainnya :

Yessy yang difoto ini motor kamu ya ! ko biisa disini ? chat-v.com/s/bdgm1g

Dikutip dari laman Kumparan, Lembaga non-profit pembela hak digital, SAFEnet, telah melakukan penelitian yang dilakukan sejak Oktober 2019 lalu terkait SMS misterius tersebut. Hasil temuannya, SMS spam Chat-V memang mengindikasikan bahaya kepada para penerimanya. Bahaya yang diakibatkan bisa membuat data pribadi korban diambil, hingga peretasan smartphone. 

Direktur Eksekutif SAFEnet, Damar Juniarto, menjelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh SAFEnet bersama AccessNow berdasarkan laporan yang diterima dari masyarakat. Banyak dari mereka, menerima SMS yang serupa dari nomor yang tidak dikenal. Isi SMS didahului nama panggilan penerima dan diakhiri link Chat-V.com.

"Mereka mendapatkan SMS serupa. Kenapa bisa serupa, karena berasal dari nomor-nomor yang pengirim tidak dikenal, lalu menyapa dengan nama panggilan yang langsung ditulis, lalu kalimat berikutnya bisa macam-macam. Dan selalu diakhir dengan short link yang harus di-klik, Chat-V.com," jelasnya ketika dihubungi kumparan, Selasa (28/1). 

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 52.812 kasus, Meninggal: 2.720, Sembuh : 21.909

    🕔28 Jun 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG