Waspada Penyakit Hepatitis Akut Misterius, Sedang Mengintai!
Penyakit Hepatitis Akut Misterius

11 Mei 2022, 09:47:26 WIBKesehatan
Waspada Penyakit Hepatitis Akut Misterius, Sedang Mengintai!

Setiap orang tentu menginginkan kondisi tubuh yang prima. Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat lebih sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Disaat kondisi virus corona mulai melandai, kita dikejutkan dengan ditemukannya kasus penyakit Hepatits Akut yang menyerang anak-anak.

Kasus ini telah di temukan diberbagai negara diantaranya Eropa dan Amerika Serikat. Indonesia telah menemukan kasus yang ditengarai merupakan Hepatitis Akut dan memakan korban 3 orang anak meninggal Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta.

Penyakit hepatitis didefinisikan sebagai suatu penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan pada hati. Penyakit hepatitis merupakan suatu penyakit yang mengalami proses inflamasi atau nekrosisi pada jaringan hati yang disebabkan oleh infeksi virus, obat-obatan, toksin, gangguan metabolik, maupun kelainan sistem antibodi. Infeksi Hepatitis yang disebabkan oleh virus merupakan penyebab paling banyak dari penyakit.

Baca Lainnya :

Saat ini kita telah mengenal beberapa jenis Hepatitis diantaranya A,B,C, D, dan E. Hepatitis A dan E sering muncul sebagai penyakit yang menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini ditularkan secara fecal dan biasanya berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan hidup sehat. (sumber : Hepatitis (Epidemologi Penyakit Hepaitis, Siswanto, Mulawarman University Press).

Waspadai Hepatitis Akut Pada Anak

Bersumber dari halaman Youtube tvOnenews.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran yang meminta semua pihak mewaspadai penyebaran hepatitis akut pada anak. Hingga saat ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum menemukan penyebab pasti penyakit itu.

Epidemiolog Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menyebut salah satu dugaan penyebab hepatitis 'misterius' masih berkaitan dengan SARS-CoV-2, atau virus penyebab COVID-19. Pasalnya, COVID-19 merupakan penyakit sistemik yang bisa menyerang seluruh organ manusia termasuk hati.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook