Wamendag Tegaskan Pemerintah Tetap Akan Buka Bursa Crypto

10 Jan 2022, 08:50:39 WIB Ekonomi
Wamendag Tegaskan Pemerintah Tetap Akan Buka Bursa Crypto

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan pentingnya sikap yang tepat dalam perdagangan crypto di Indonesia. Menurut Jerry ini untuk memberikan kepastian usaha dan kepastian hukum bagi perlindungan investor dan konsumen crypto di Indonesia.

Untuk itu, kata dia, bursa crypto adalah sebuah keharusan untuk segera diwujudkan.

"Kata kuncinya adalah kepastian dan keamanan. Itu semua tugas pemerintah. Artinya sektor usaha apapun harus difasilitasi oleh pemerintah agar setiap pelakunya mendapatkan keadilan dan perlindungan dalam bertransaksi," kata Jerry dalam keterangannya Minggu (9/1/2022).

Baca Lainnya :

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah harus mewujudkan sistem pasar dan pengawasan yang baik terhadap pasar crypto tersebut.

Saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti telah mendata sekian pedagang crypto yang telah melakukan aktivitas usahanya. Yang saat ini tercatat sebagai calon pedagang resmi ada sekitar 11. Bappebti juga telah menerima beberapa pendaftar baru yang ingin tercatat sebagai pedagang crypto.

Bursa ke depan diharapkan bisa menciptakan sistem perdagangan yang bisa menanungi dan mengatur pedagang-pedagang crypto. Dengan demikian, perdagangan crypto bisa lebih terstruktur dan tersistematisasi sehingga mempermudah bagi upaya-upaya pencatatan, pengawasan dan dalam mengharmonisasi dengan sektor lain.

"Salah satunya adalah kaitannya dengan urusan pajak. Kalau sudah tercatat kan mudah penghitungan dan pemungutan pajaknya. Ini juga akan memberikan pendapatan yang cukup besar bagi negara sehingga akan menunjang pembangunan di sektor lain," imbuh Wamendag.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com