Trump Umumkan Perjanjian Damai Israel dan Bahrain

12 Sep 2020, 01:42:03 WIB Internasional
Trump Umumkan Perjanjian Damai Israel dan Bahrain

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengumumkan perjanjian damai antara Israel dan Bahrain. Trump menyebut kesepakatan ini adalah terobosan bersejarah.

"Terobosan sejarah lain hari ini. Dua sahabat besar kita Israel dan Kerajaan Bahrain menyetujui perjanjian perdamaian-negara Arab kedua yang berdamai dengan Israel dalam 30 hari," tulis Trump pada akun Twitternya seperti dilansir AFP, Sabtu (12/9/2020).

Pernyataan bersama AS-Israel-Bahrain ini memuat akan ada "hubungan diplomatik penuh".

Bahrain telah setuju untuk meresmikan perjanjian dengan Israel pada sebuah upacara 15 September mendatang di Gedung Putih, Amerika Serikat. Di tempat ini pula Uni Emirat Arab juga akan menandatangani perjanjian damai dengan Israel yang diumumkan pertengahan Agustus lalu.

Berdasarkan pernyataan itu, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al-Khalifa, Perdana Menteri Israel, Banjamin Netanyahu dan Trump berbicara pada Jumat pagi sebelum pengumuman perjanjian damai ini.

Trump merayakannya dan menyebutnya sebagai "hari benar-benar bersejarah" dan "sangat menarik" sehingga dia dapat membuat perjanjian ini sebagai pengingat akan serangan 11 September 2001 oleh kelompok radikal Islam terhadap Amerika Serikat.

"Ketika saya menjabat, Timur Tengah berada dalam keadaan kacau balau," kata Trump yang akan menghadapi pemilihan umum dalam waktu 7 minggu ke depan.

Pengumuman sebelumnya UEA tentang normalisasi hubungan dengan Israel membatalkan kebijakan Liga Arab selama bertahun-tahun tentang konflik Timur Tengah dan keputusan itu mendapat penolakan dari Palestina dan Iran.

Hingga saat ini, Israel hanya mampu mencapai dua perjanjian damai serupa dengan negara-negara Arab. Kesepakatan damai dengan Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994. [SB]




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook