Tes Pegawai KPK: Apakah Semua Orang Cina Sama Saja?

14 Mei 2021, 22:35:54 WIB Metropolitan
Tes Pegawai KPK: Apakah Semua Orang Cina Sama Saja?

Salah seorang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tata Khoiriyah, mengungkap kembali sejumlah pertanyaan janggal di tes wawasan kebangsaan (TWK).

Tata mengaku mendapat pertanyaan soal sikap terhadap orang China. Pertanyaan itu berbentuk pilihan ganda dalam tes tertulis.

"Semua orang cina sama saja," tulis Tata dalam akun Twitter @tatakhoiriyah, Jumat (14/5). Cuitan itu disertai dua pilihan yang bisa diklik warganet, yaitu "Setuju" atau "Tidak Setuju".

Baca Lainnya :

Kepada CNNIndonesia.com, Tata menyebut tak ada penjelasan tentang "cina" yang dimaksud. Ia tak paham apakah kata itu merujuk etnis Tionghoa atau warga negara China.

Tata menjawab tidak setuju dalam TWK. Jawaban itu ia pilih karena merasa setiap orang punya fisik, karakter, dan sifat yang berbeda.

"Buat saya pertanyaan semua orang Cina itu sama adalah statement ambigu. Apakah yang dimaksud sama itu adalah kulitnya, mukanya, kaya-nya, baiknya atau jahatnya? Kalau itu yang dimaksud, maka apakah pilihan tidak setuju bisa dianggap berwawasan kebangsaan?" tuturnya.

"Lantas, apakah yang dimaksud sama itu adalah sama kedudukannya di muka hukum? Kalau begitu, apakah jawaban setuju bisa dianggap penjawab memiliki wawasan kebangsaan?" lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc