Terungkap! Begini Modus Korupsi Rp 5,7 Miliar Walikota Bekasi

08 Jan 2022, 20:33:21 WIB Hukum
Terungkap! Begini Modus Korupsi Rp 5,7 Miliar Walikota Bekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (RE) menjadi salah satu dari sembilan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait dengan pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di pemerintahan Kota Bekasi.

Penetapan itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam keterangan pers di gedung Merah Putih, Jakarta, Kamis (06/01/2022).

Firli mengatakan, uang bukti yang disita KPK dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) ini mencapai Rp 5,7 miliar. Dia menjelaskan, OTT ini bermula dari laporan masyarakat atas informasi tentang adanya dugaan penyerahan uang kepada penyelenggara negara. Ia juga membeberkan konstruksi perkara yang masih dalam satu kesatuan dalam proses OTT.

Baca Lainnya :

Diduga, menurut Firli, Pemkot Bekasi menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 untuk belanja modal tanah ganti rugi dengan nilai total anggaran Rp 286,5 miliar. [cnbcindonesia]

Ganti rugi dimaksud di antaranya yaitu pembebasan lahan sekolah di Rawalumbu dengan nilai Rp 21,8 miliar, pembebasan lahan polder 202 senilai Rp 25,8 miliar, pembebasan lahan polder air Kranji senilai Rp 21,8 miliar, dan melanjutkan pembangunan gedung teknis bersama senilai Rp 15 miliar.

"Atas proyek-proyek tersebut, RE selaku wali kota Bekasi, diduga menetapkan lokasi pada tanah milik swasta dan melakukan intervensi dengan memilih langsung para pihak swasta yang lahannya akan digunakan untuk proyek pengadaan dimaksud serta meminta tidak memutus kontrak pekerjaan," ujar Firli.

"Sebagai bentuk komitmen, tersangka RE diduga telah meminta sejumlah uang kepada para pihak yang lahannya diganti rugi oleh Pemkot Bekasi di antaranya menggunakan sebutan untuk sumbangan masjid," lanjutnya.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com