Ternyata Sangat Mustahil Jika Ingin Menjadikan Planet Mars Jadi Tempat Tinggal Seperti Bumi

10 Jul 2021, 11:32:57 WIB Teknologi
Ternyata Sangat Mustahil Jika Ingin Menjadikan Planet Mars Jadi Tempat Tinggal Seperti Bumi

Banyak para peneliti yang ingin menjadikan planet Mars sebagai tempat tinggal bagi manusia layaknya planet Bumi seperti saat ini. Namun ternyata hal itu sungguh mustahil.

Pasalnya, suhu Mars sangat dingin, jaraknya jauh dari Matahari, dan debu-debu yang bertebaran justru mengubah Mars menjadi mirip Bumi jauh lebih menantang daripada yang terlihat.

Planet Mars dahulu adalah tempat yang hangat. Miliaran tahun silam planet merah itu memiliki atmosfer yang tebal dan kaya karbon, danau, serta lautan air bahkan awan putih berbulu. Tapi saat ini Tata Surya menjadi lebih baik untuk kehidupan manusia dibandingkan saat itu. Mars pun telah berubah.

Baca Lainnya :

Tetangga Bumi itu ditakdirkan lebih kecil dari Bumi, yang berarti suhunya mendingin lebih cepat. Sementara inti Bumi masih cair dan gumpalan zat besi yang kaya zat besi di pusat satu-satunya planet yang dihuni manusia ini menggerakkan medan magnet Bumi yang kuat, mengutip situs Space, seperti dikutip dari laman Viva.co.id, Kamis, 8 Juli 2021.

Ketika Mars mendingin maka intinya membeku dan medan gaya magnetnya mati. Akibatnya, atmosfer planet tetangga Bumi tersebut rusak akibat angin Matahari. Selama 100 juta tahun atau lebih angin Matahari melucuti atmosfer Mars. Ketika tekanan udara turun hingga hampir vakum, lautan di permukaan mendidih dan planet ini mengering.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Mars dahulu mirip dengan Bumi. Apakah ada cara untuk mengembalikannya? Ide radikal pertama adalah mengembangkan teknologi untuk menghangatkan Mars.

Berbagai ide telah digaungkan, seperti menaburkan debu di seluruh kutub (untuk membuat mereka memantulkan lebih sedikit cahaya dan menghangatkannya) hingga membangun cermin ruang angkasa raksasa untuk menempatkan beberapa sinar tinggi di kutub.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.195.958
    Sembuh : 4.002.706
    Meninggal : 140.805
    Dirawat : 52.447

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc