Susi soal Yusril Gugat Larangan Ekspor Benih Lobster: Tepat untuk Mafia SDA

19 Okt 2021, 08:05:27 WIB Ekonomi
Susi soal Yusril Gugat Larangan Ekspor Benih Lobster: Tepat untuk Mafia SDA

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti angkat suara usai advokat senior sekaligus pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra, mengajukan permohonan Judicial Review ke Mahkamah Agung, meminta aturan larangan ekspor benih lobster dibatalkan.

Susi menilai apa yang dilakukan Yusril tepat bagi para mafia sumber daya alam. Ia tidak bisa memastikan apakah langkah Yusril tersebut bisa mencerminkan keinginan mayoritas nelayan atau tidaknya.

"Gugatan penjualan bibit lobster, ya tepat kalau untuk mafia sumber daya alam," kata Susi saat dihubungi, Selasa (19/10).

Baca Lainnya :

Soal ekspor benih lobster itu memang mulai jadi perhatian ketika Susi Pudjiastuti menjadi Menteri KP. Susi melarang tegas penangkapan dan ekspor benih lobster.

Saat kursi Menteri KP beralih ke Edhy Prabowo, aturan tersebut selanjutnya diganti dengan Permen KP 12 Tahun 2020. Tak cuma membuka keran benur buat ditangkap, Edhy juga membolehkan aktivitas ekspor. Politikus Gerindra itu ditangkap KPK karena menerima suap izin ekspor benih lobster.

Kursi yang ditinggalkan Edhy Prabowo kemudian dipercayakan kepada Sakti Wahyu Trenggono. Ia kembali memberlakukan larangan memperdagangkan benih lobster. Bedanya dengan aturan Susi, penangkapan benih bisa dilakukan hanya untuk kepentingan budidaya di dalam negeri.

Larangan ekspor itu tercantum dalam Pasal 18 ayat (1) dan (2) juncto Pasal 2 ayat (1) Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 17 Tahun 2021. Aturan itu ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) Sakti Wahyu Trenggono tanggal 24 Mei 2021.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.257.489
    Sembuh : 4.105.994
    Meninggal : 143.863
    Dirawat : 7.632

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com