Survei FPCI Ungkap Responden Harap ASEAN Tak Memihak China

23 Okt 2020, 23:20:21 WIB Internasional
Survei FPCI Ungkap Responden Harap ASEAN Tak Memihak China

Sebuah survei yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) memperlihatkan bahwa penduduk di Asia Tenggara berharap Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tidak memihak China, terkait situasi politik dan keamanan saat ini.

Dalam hasil survei FPCI yang dirilis pada Jumat (23/10) dinyatakan sebagian besar responden dari semua kategori berpendapat bahwa ASEAN saat ini tidak boleh berpihak pada negara mana pun.

Para responden malah memandang ASEAN harus melangkah dan secara proaktif menengahi hubungan antara dua kekuatan besar, yakni Amerika Serikat dan China. Persaingan kekuatan besar yang tidak terkendali dinilai akan berdampak negatif bagi kawasan.

Baca Lainnya :

Sejumlah negara-negara Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia dan Vietnam bersengketa dengan China terkait pengelolaan dan penguasaan perairan Laut China Selatan. Sementara China saat ini tengah membangkitkan militer mereka, dan mempunyai pangkalan militer di perairan tersebut dan mengklaim seluruh Laut China Selatan adalah milik mereka.

Sedangkan Amerika Serikat memperlihatkan sikap menantang China dengan turut mengerahkan armada kapal perang di Laut China Selatan. Situasi itu dikhawatirkan sangat rentan dan bisa memicu perang terbuka kapan saja jika terjadi insiden atau salah paham.

Di sisi lain, tingkat skeptisme relatif lebih tinggi dalam dimensi hubungan politik-keamanan. Dalam survei terungkap bahwa ada kekhawatiran tentang sentralitas ASEAN dan bagaimana interaksi dengan China akan mempengaruhi kedaulatan negara-negara ASEAN.

Perhatian seperti itu, kata FPCI, dalam surveinya dapat dimengerti dan harus diperhitungkan untuk memastikan hubungan yang lebih ramah antara kedua mitra.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 549.508
    Sembuh : 458.880
    Meninggal : 17.199
    Dirawat : 73.429

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia