Stafsus Jokowi Sebut Soal Mensos Risma Paksa Disabilitas Untuk Bicara Tujuannya Baik, Netizen Malah Sindir : DarkJokes

04 Des 2021, 09:14:25 WIBKesehatan
Stafsus Jokowi Sebut Soal Mensos Risma Paksa Disabilitas Untuk Bicara Tujuannya Baik, Netizen Malah Sindir : DarkJokes

Menteri Sosial Tri Rismaharini memaksa seorang anak penyandang disabilitas rungu wicara untuk berbicara di hadapan khalayak ramai saat peringatan Hari Disabilitas Internasional di kantor Kemensos, Jakarta, Rabu (1/12). Alhasil, seorang anak disabilitas rungu wicara lainnya langsung protes di hadapan Risma. 

Di atas panggung itu, Stefanus ternyata menyampaikan protes kepada Risma. “Saya mau bicara dengan ibu sebelumnya, bahwasanya anak tuli itu memang harus menggunakan alat bantu dengar, tapi tidak untuk dipaksa berbicara,” kata Stefanus melalui penerjemah bahasa bicara isyarat. 

Stefanus mengaku, kaget saat melihat Risma memaksa penyandang disabilitas rungu wicara untuk berbicara. Sebab, penyandang disabilitas rungu wicara biasanya berbicara dengan bahasa isyarat. 

Baca Lainnya :

Menanggapi peristiwa tersebut, Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Angkie Yudistia angkat bicara.  Menurutnya anak disabilitas rungu punya cara yang berbeda-beda untuk berkomunikasi.

"Jika kita bicara tentang penyandang disabilitas rungu/tuli, setiap anak-anak, usia produktif tuli memiliki kebutuhannya masing-masing yang kita ga bisa sama ratakan," kata Angkie kepada wartawan di Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat, (3/12)

Angkie mengatakan banyak cara komunikasi yang bisa dipilih oleh penyandang disabilitas rungu. Selain menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi, anak disabilitas rungu juga bisa menggunakan gerakan tubuh, atau bantuan teknologi.

Dia juga menilai bahwa aksi Tri Rismaharini sebenarnya tulus dan bertujuan baik untuk penyandang disabilitas rungu agar bisa memaksimalkan kemampuannya.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Video Terkait:


Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook