Sri Mulyani Kritik Polri: Terbesar ke-2 Dunia Tapi Polisi Wanita Cuma 5 Persen

12 Nov 2021, 09:15:10 WIB Ekonomi
Sri Mulyani Kritik Polri: Terbesar ke-2 Dunia Tapi Polisi Wanita Cuma 5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Kamis (11/11) hadir secara virtual dalam acara The 58th Annual International Association of Women Police (IAWP) Training Confidence.

Ia menyoroti masih minimnya polisi wanita di Kepolisian RI (Polri). Sri Mulyani menyebut rata-rata kepolisian di negara lain jumlah polisi wanitanya mencapai lebih dari 10 persen dari seluruh personel. Sementara di Polri, anggotanya yang perempuan baru 5 persen.

"Kepolisian RI merupakan kepolisian negara dengan kekuatan terbesar ke-2 di dunia setelah China, terdapat 450.000 anggota polisi. Namun hanya sekitar 5 persen anggotanya yang perempuan, sementara di negara lain rata-rata jumlah polisi wanitanya lebih dari 10 persen," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (12/11).

Baca Lainnya :

Sri Mulyani juga menyoroti minimnya perempuan yang menjabat sebagai pimpinan di Polri. "Begitu pun polisi wanita yang menduduki jabatan pimpinan, persentasenya masih kecil. Saya berharap kita dapat meningkatkan kesetaraan gender di kepolisian," ujarnya.

Menurut dia, polisi wanita memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan rasa aman yang berbeda antara perempuan dan laki-laki. Pada kasus seperti kekerasan terhadap wanita tersebut, polisi wanita akan membuat korban merasa lebih terlindungi dan percaya hukum akan ditegakkan secara adil terhadap pelaku kejahatan.

Menurut data WHO pada 2021, hampir satu dari tiga perempuan di dunia, yaitu sekitar 736 juta perempuan, diperkirakan pernah menjadi korban kekerasan setidaknya sekali dalam hidup mereka. Dari jumlah tersebut, kurang dari 40 persennya saja yang mau mencari pertolongan atas kekerasan yang dihadapinya.

"Kehadiran polisi wanita juga menjadi inspirasi tidak hanya bagi kesetaraan gender di lingkungan institusi kepolisian, namun juga bagi masyarakat kita dalam upaya menciptakan ekosistem yang aman dan menjamin perlindungan bagi wanita," kata Sri Mulyani.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.309.270
    Sembuh : 4.129.305
    Meninggal : 144.261
    Dirawat : 35.704

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com