Sri Mulyani Dituding Tak Bayar Bea Masuk Brompton, Ini Penjelasan Bea Cukai

23 Feb 2021, 16:52:09 WIB Ekonomi
Sri Mulyani Dituding Tak Bayar Bea Masuk Brompton, Ini Penjelasan Bea Cukai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi buah bibir di dunia maya. Bukan soal utang pemerintah, kali ini orang nomor satu di Kementerian Keuangan ini dibicarakan tentang pembelian sepeda merek Brompton usai melaksanakan dinas luar negeri.

Perbincangan itu pun muncul usai akun Twitter @DitjenPajakRI mencuit soal pelaporan harta seperti sepeda wajib dilaporkan dalam surat pemberitahuan (SPT) Tahunan. Kemudian salah satu akun twitter menyinggung sepeda Brompton yang dibeli Sri Mulyani. Akun itu menuding sepeda mahal yang dibeli Sri Mulyani usai dinas luar negeri tersebut masuk tanah air tanpa membayar bea masuk.

Hal itu pun langsung dibantah oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga DJBC, Syarif Hidayat memastikan barang-barang yang tengah ramai diperbincangkan bukan milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Lainnya :

Berdasarkan penelusuran di lapangan oleh petugas Ditjen Bea dan Cukai, Syarif mengatakan data penerbangan menyebutkan dua sepeda Brompton tersebut merupakan barang bawaan rombongan yang ikut dinas pada 2 tahun lalu.

"Barang tersebut bukan milik Menteri Keuangan, melainkan salah satu anggota rombongan yang diberitahukan sebagai barang penumpang," kata Syarif ketika dihubungi detikcom, Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Syarif membenarkan jika Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beserta beberapa pejabat Kementerian Keuangan melaksanakan perjalanan dinas dalam rangka investor meeting di Amerika Serikat (AS). Rombongan tersebut tiba di Indonesia pada pukul 07.35 WIB dengan penerbangan QR0958 DOH-CGK pada tanggal 11 November 2019.

Masih berdasarkan penelusuran Ditjen Bea dan Cukai, dikatakan Syarif dua sepeda Brompton tersebut dikategorikan sebagai impor umum dan untuk penyelesaiannya dibutuhkan dokumen perjanjian. Sebab, nilai sepeda tersebut melebihi batas ketentuan untuk barang bawaan penumpang.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.583.182
    Sembuh : 1.431.892
    Meninggal : 42.906
    Dirawat : 108.384

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf