Sindir Pemilu Curang, Tommy Ingin Ada Kader di Penyelenggara

09 Jul 2020, 16:25:46 WIB Politik
Sindir Pemilu Curang, Tommy Ingin Ada Kader di Penyelenggara

Selain itu, dalam Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilihan Umum disebutkan dalam pasa 8: Dalam melaksanakan prinsip mandiri, Penyelenggara Pemilu bersikap dan bertindak: netral atau tidak memihak terhadap partai politik, calon, pasangan calon, dan/atau peserta Pemilu.

Tommy melontarkan pernyataan itu, berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu pascareformasi yang menurutnya memprihatinkan. Petugas pemilu, kata dia bukan menghitung suara tapi mengatur suara.

Tak Bisa Berbuat

Namun, di sisi lain, Partai Berkarya juga tidak bisa berbuat banyak menghadapi kecurangan-kecurangan itu. Dia juga menyinggung kabar meninggalnya sejumlah penyelenggara Pemilu 2019 yang hingga kini, katanya, tak jelas penyelesaiannya.

"Kita tak bisa berbuat banyak, bukti-bukti yang diajukan sekalipun melalui capres, tidak bisa mengatasi masalah sampai MK," katanya.

Selain menyinggung dugaan kecurangan, Tommy juga mengakui kekurangan partainya dalam mempersiapkan diri di Pemilu 2019, yang mengakibatkan Partai Berkarya gagal lolos di parlemen.

Partai Berkarya hanya mendapatkan 2.929.495 atau 2,09 persen dari suara nasional pada Pemilu 2019.

Ia mengakui partai-partai politik lainnya lebih matang dalam mempersiapkan mesin politiknya ketimbang Berkarya sebelum digelarnya Pemilu.

"Memang waktu yang sangat mepet hanya satu tahun kita persiapkan konsolidasi dan juga mensosialisasi Berkarya kepada masyarakat Indonesia," kata dia.

Ke depan, Tommy menargetkan ada kader Partai Berkarya yang bisa memenangkan Pilkada serenrak 2020 agar dapat mendongkrak suara Berkarya di Pemilu berikut.

Ia menyatakan sebanyak 103 anggota legislatif dari Berkarya yang tersebar di daerah-daerah menjadi modal penting untuk menghadapi Pilkada 2020.[SB]

<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook