Simak Skenario Pemerintah Memasuki Kondisi New Normal

18 Mei 2020, 18:29:41 WIB Kesehatan
Simak Skenario Pemerintah Memasuki Kondisi New Normal

Pemerintah Jokowi-Ma'ruf tengah menyiapkan skenario untuk membuka kembali sektor usaha di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Hal itu dilakukan agar masyarakat dan dunia usaha dapat beraktifitas kembali dengan kondisi normal baru (new normal) pasca pandemi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk masuk kondisi normal baru. Salah satunya mendorong sekaligus mengevaluasi daerah terkait dengan tingkat penyebaran virus Corona yang terjadi di wilayahnya.

Baca Lainnya :

"Kenormalan baru ini bisa diperhatikan sejumlah pertimbangan kami akan kembangkan scoring dari sisi epidimologi, kesiapan baik daerah maupun kesiapan kelembagaan," jelas dia usai mengikuti ratas, di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Airlangga menjelaskan, dalam pembukaan kondisi normal baru ada metode perhitungan tertentu yang formulasinya akan dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Perhitungan itu bisa dilihat jika R0 lebih besar dari 1, maka tingkat infeksinya masih tinggi. Sedangkan jika kurang dari 1, maka masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitas dengan normal.

"Dalam beberapa hari ini kami siapkan scoring yang dilakukan baik dengan perhitungan epidimologi berbasis R0 dan kesiapan daerah perkembangan penyakit, kapasitas kesehatan, kesiapan publik, kedisplinan masyarakat, maupun respon publik bagaimana cara untuk bekerja atau bersosial di new normal," jelas dia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 373.109
    Sembuh : 297.509
    Meninggal : 12.857
    Dirawat : 62.743

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV