Siasat Indonesia Perkuat Pertahanan di Laut Natuna

19 Sep 2021, 08:43:21 WIB Daerah
Siasat Indonesia Perkuat Pertahanan di Laut Natuna

Peristiwa menggemparkan terjadi pada pekan ini. Nelayan di Natuna dibuat cemas dengan keberadaan sejumlah kapal China yang berada di kawasan Laut Natuna Utara.

Peristiwa itu, terjadi pada 13 September 2021. Nelayan Natuna yang tidak memiliki alat lengkap hanya bisa merekam momen kurang lebih 6 kapal China berada di perairan Indonesia menggunakan ponsel.

Dari video itu, nelayan melaporkan ada kapal perang China dan sejumlah coast guard. Bahkan ada satu kapal pengisi BBM yang juga bersiaga di sana.

Baca Lainnya :

"Kapal perang China nomor lambung 172 posisi 061219 masih perairan Indonesia, di bujur 1701," tutur nelayan dalam video yang diterima kumparan, Jumat (17/9).

Kejadian tersebut terjadi di pekan yang sama saat Australia, Inggris dan Amerika Serikat membentuk aliansi pertahanan AUKUS. Secara tersirat, AUKUS ditujukan untuk membendung China di wilayah Indo-Pasifik.

Wilayah Indo-Pasifik mencakup Laut China Selatan yang berbatasan dengan Laut Natuna di perairan Indonesia.

Tindakan China di Laut Natuna mendapat perhatian dari anggota Komisi I DPR, Muhammad Farhan. Dia meminta agar pengawasan di Laut Natuna ditingkatkan. Sebab, China berulang kali melakukan tindakan seperti itu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.255.936
    Sembuh : 4.103.914
    Meninggal : 143.808
    Dirawat : 8.214

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY