Sengketa Perbatasan Himalaya, Menlu Retno Marsudi Minta China-India Tahan Diri

19 Jun 2020, 05:47:45 WIB Internasional
Sengketa Perbatasan Himalaya, Menlu Retno Marsudi Minta China-India Tahan Diri

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerukan agar China dan India yang bertikai di perbatasan Himalaya bisa menahan diri.Retno menyebut India dan China merupakan mitra dan sahabat Indonesia, terutama dalam memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"India dan China adalah mitra dekat Indonesia. Kedua negata itu menjadi salah satu negara inti yang bisa menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-pasifik," ujar Retno Marsudi dalam press brefing di Istana Presiden pada Kamis (18/6/2020) yang disiarkan secara virtual.

"Saya meminta agar India dan China untuk menahan diri sehingga dapat menciptakan kondisi yang kondusif," jelasnya.

Baca Lainnya :

Menlu Retno juga menyampaikan pentingnya berdialog dalam mengatasi sengketa. "Ini adalah masalah perbatasan historis yang panjang antara kedua negara."

Sebelumnya, dilaporkan ada 20 tentara India yang tewas dalam konflik dengan pasukan China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

PM Narendra Modi mengatakan India akan "bangga bahwa tentara kita tewas dalam pertempuran melawan China" dalam bentrokan di wilayah Ladakh pada hari Senin kemarin, seperti dikutip dari laman BBC.

Para tentara dilaporkan berkelahi dengan tongkat biasa hingga tongkat bambu yang dipenuhi paku. Tidak ada tembakan yang dilaporkan.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 121.226 kasus, Meninggal: 5.593, Sembuh : 77.557

    🕔08 Agu 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - IG