Rusia Ingin Rebut Ukraina Selatan, Tak Puas Duduki Wilayah Timur

23 Apr 2022, 06:26:01 WIBInternasional
Rusia Ingin Rebut Ukraina Selatan, Tak Puas Duduki Wilayah Timur

Rusia membeberkan ingin menguasai seluruh wilayah Ukraina selatan setelah selama ini menyatakan tujuan utama invasinya adalah untuk menduduki wilayah timur negara eks Uni Soviet itu.

Pengungkapan terbaru operasi militer Rusia di Ukraina itu dibeberkan oleh Komandan Distrik Militer Pusat Rusia, Mayor Jenderal Rustam Minnekaev, pada Jumat (22/4). 

"Sejak awal fase kedua operasi khusus, yang dimulai secara harfiah dua hari lalu, salah satu tugas tentara Rusia adalah memastikan kendali penuh atas Donbas dan Ukraina selatan. Ini akan menyediakan koridor darat ke Crimea," kata Minnekaev dalam pertemuan umum tahunan Persatuan Perusahaan Industri Pertahanan di Sverdiovsk menurut laporan kantor berita Rusia, TASS.

Baca Lainnya :

Dikutip CNN, pernyataan Minnekaev itu menandakan pertama kalinya Rusia membeberkan tujuan utama fase kedua invasi di Ukraina, yakni untuk membangun koridor darat antara wilayah Donbas timur, Ukraina, dengan Semenanjung Crimea yang telah dicaplok Moskow dari Kyiv pada 2014 lalu.

Minnekaev mengatakan kontrol atas wilayah selatan Ukraina akan memberi pasukan Rusia keleluasaan akses menuju Transnistria, sebuah negara bagian di Moldova yang selama ini dikuasai separatis pro-Rusia. Transnistria telah menjadi rumah kontingen pasukan Rusia sejak awal 1990-an.

Sejak Rusia mengumumkan fase kedua invasi, pasukan pemerintahan Presiden Vladimir Putin beralih fokus menggempur wilayah timur dan tenggara Ukraina setelah gagal merebut ibu kota Kyiv.

Pasukan Rusia saat ini hanya menguasai sebagian daerah di Ukraina selatan. Pemerintah Ukraina masih mengendalikan kota-kota utama di kawasan itu seperti Mykolaiv dan Odesa.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook