Ribuan Warga India Jadi Korban Vaksin Palsu Isi Air Garam

07 Jul 2021, 07:52:46 WIB Internasional
Ribuan Warga India Jadi Korban Vaksin Palsu Isi Air Garam

Berdasarkan laporan afiliasi CNN, CNN-News18, belasan pos vaksinasi palsu itu beroperasi sekitar akhir Mei dan awal Juni. Pihak berwenang mulai menyelidiki setelah beberapa korban penipuan curiga dengan sertifikat vaksinasi yang mereka terima.

Meski begitu, sejauh ini tidak ada korban yang mengalami gejala efek samping dari suntikan vaksin palsu tersebut.

Kasus ini terjadi ketika India berupaya memperluas dan mempercepat program imunisasi nasional di tengah keterbatasan pasokan vaksin.

Percepatan vaksinasi dilakukan sebagai salah satu upaya meredam lonjakan penularan Covid-19 di India yang salah satunya disebabkan oleh kemunculan virus corona varian Delta yang dinilai lebih menular.

Kemunculan varian Delta dan sikap abai masyarakat soal protokol kesehatan memicu gelombang kedua infeksi Covid-19 yang lebih parah di India sejak April lalu.

Pada Juni lalu, Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan pelaksanaan vaksinasi terpusat, di mana sebagian besar dosis akan diberikan oleh pemerintah pusat kepada setiap negara bagian secara gratis.

Sejak itu, India mencatat rekor dengan berhasil memvaksinasi 8 juta orang dalam sehari. Sejauh ini lebih dari 62 juta orang atau sekitar 4,5 persen dari total populasi negara itu telah melakukan vaksinasi penuh. [sb]


<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.208.013
    Sembuh : 4.023.777
    Meninggal : 141.467
    Dirawat : 42.769

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc