Profil Kilang Cilacap yang 1 Tangkinya Kebakaran: Pasok 44 Persen BBM Nasional

14 Nov 2021, 08:18:08 WIB Ekonomi
Profil Kilang Cilacap yang 1 Tangkinya Kebakaran: Pasok 44 Persen BBM Nasional

Kilang minyak Pertamina di Cilacap kebakaran pada Sabtu (13/11). Sebelum api berkobar, cuaca di lokasi dilanda hujan lebat disertai gemuruh petir.

Lokasi tangki yang terbakar itu berada di Banjaran, Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap. Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina.

Kilang Cilacap berperan besar dalam pasokan BBM nasional. Sebab, Kilang Cilacap memasok 44 persen kebutuhan bahan bakar minyak nasional dan 75 persen kebutuhan bahan bakar di pulau Jawa.

Baca Lainnya :

Kapasitas pengolahannya mencapai 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Selain itu Kilang Cilacap merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang saat ini memproduksi aspal dan base oil. Hal itu berguna juga untuk memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur.

Dalam satu tahun ini sudah dua kali Kilang Cilacap kebakaran. Peristiwa sebelumnya terjadi pada 11 Juni 2021. Saat itu, peristiwa kebakaran terjadi pada salah satu tangki yang berisi benzene.

Sementara itu pada peristiwa kebakaran kemarin, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap memastikan hanya satu tangki yang terbakar di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Tangki tersebut berisikan komponen bahan pertalite.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.255.936
    Sembuh : 4.103.914
    Meninggal : 143.808
    Dirawat : 8.214

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY