Prabowo Dan Anies Berebut Elektabilitas Di Banjabar, Ganjar Kokoh Di Kandang Banteng

05 Jun 2021, 13:50:44 WIB Politik
Prabowo Dan Anies Berebut Elektabilitas Di Banjabar, Ganjar Kokoh Di Kandang Banteng

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi tokoh yang diinginkan publik untuk menjadi suksesor Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi dengan 18,3 persen. Disusul, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (16,5 persen), dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (15,1 persen).

Dijelaskan Adi, elektabilitas Prabowo tersebut jika dibedah secara teritorial pemilih maka dapat dikatakan merata. Walaupun mayoritas masih di wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat (Banjabar).

Baca Lainnya :

"Secara teritorial, Prabowo memiliki sebaran pemilih relatif merata. Terutama di Banjabar yang persentase 31 persen. Kemudian Sumatera 28,9 persen," ujar Adi dalam webinar bertema "Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir", Sabtu (5/6).

"Tentu Prabowo memiliki basis yang merata karena keikutsertaan dalam kontestasi pilpres berulang kali," imbuhnya menambahkan.

Berbeda dengan Prabowo, kata Adi, elektabilitas Ganjar Pranowo hanya terpusat di wilayah kunci, yaitu Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, dan Yogyakarta dengan tingkat persentase 37,9 persen. Sementara wilayah lain cuma 15 persen.

Menurutnya, Ganjar unggul di Jateng "kandang Banteng" tidak lain karena peran sentar dari PDI Perjuangan, dan dia terdaftar sebagai kader yang menjabat dua periode sebagai gubernur.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.195.958
    Sembuh : 4.002.706
    Meninggal : 140.805
    Dirawat : 52.447

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc