Polri Klaim Tak Ada Satupun Penahanan terhadap Pengkritik

07 Mei 2021, 04:23:23 WIB Hukum
Polri Klaim Tak Ada Satupun Penahanan terhadap Pengkritik

Polri mengklaim selama ini tak pernah melakukan penindakan hukum hingga proses penahanan terhadap pihak-pihak yang bersuara dan mengkritik pemerintah di media sosial.

"Saya cek ada enggak kasus kritik kepada pemerintah yang ditahan? Sampai hari ini tidak ada satupun kritik yang ditahan," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Slamet Uliandi dalam sebuah diskusi daring yang digelar pada Kamis (6/5).

Dia pun berkaca pada kasus pimpinan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang ditangkap pada akhir tahun lalu dan ditahan lantaran tersandung kasus Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Lainnya :

Menurut Slamet, kasus para petinggi kelompok aktivis itu lebih mengarah pada pemberitaan kabar bohong (hoax) yang beberapa diantaranya memicu perdebatan.

"Sehingga kami langsung melakukan perdebatan. Dampak (Pasal) 160 (KUHP)- nya sudah terlihat," tambah dia.

Adapun pasal itu berbunyi "barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500".

Menurut Slamet, sejumlah narasi yang dibangun oleh aktivis KAMI bermuatan berita bohong yang tidak benar.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.976.172
    Sembuh : 1.786.143
    Meninggal : 54.291
    Dirawat : 135.738

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc