Pesawat Intai Israel Melintasi Wilayah Putrajaya dekat Indonesia, Malaysia Murka

27 Mei 2021, 14:26:54 WIB Internasional
Pesawat Intai Israel Melintasi Wilayah Putrajaya dekat Indonesia, Malaysia Murka

Indonesia dan Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang paling menentang kekerasan Israel tehadap Palestina. Tak heran kehadiran prototipe pesawat mata-mata Israel yang melakukan uji terbang melintasi wilayah udara Putrajaya sebelum mendarat di Singapura mengundang berbagai tanda tanya.

Analis pertahanan Zaki Salleh mengatakan, meski pada dasarnya itu penerbangan biasa tetapi kehadiran pesawat yang dilengkapi perangkat keras intelijen elektronik menarik perhatian banyak orang.

Menurutnya, ada kemungkinan pesawat sedang menguji sistem terbaru dan penerbangan jarak jauh untuk melihat keefektifan peralatan yang diuji.

Baca Lainnya :

Jika benar seperti diberitakan media Malaysia Sinar Harapan, pesawat Boeing 732-400 dengan nomor registrasi 4X-AOO milik IAI-Elta merupakan pesawat intelijen elektronik.

“Pesawat ini digunakan sebagai platform pengujian radar dan peralatan elektronik. Ini dirancang untuk mengakomodasi sistem intelijen slogan patroli maritim, intelijen citra, sistem peringatan dini udara (AEW) dan sistem perlindungan rudal pesawat komersial," katanya saat dihubungi media tersebut Rabu 26/ 5/2021

Zaki menjelaskan, dengan berbagai sistem penginderaan dan sensor yang sangat sensitif, kehadiran pesawat di Singapura menarik perhatian sekaligus dapat menimbulkan keraguan akan tujuannya.

Sebelumnya, sebuah portal media melaporkan sebuah pesawat mata-mata prototipe Israel dilaporkan sedang melakukan uji terbang di Singapura.[SB]




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.208.013
    Sembuh : 4.023.777
    Meninggal : 141.467
    Dirawat : 42.769

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc