Perang dunia maya (cyber war)

08 Mar 2022, 14:44:11 WIBTeknologi
Perang dunia maya (cyber war)

 Teknologi, merupakan faktor dominan dalam perang modern yang berlangsung di Ukraina. Tidak hanya teknologi militer tetapi juga teknologi sistem keuangan yang dipakai oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Yaitu teknologi sistem kliring dan transaksi keuangan global atau yang dinamakan SWIFT (Society Worlwide Interbank Financial Telecomunication), yang ternyata cukup ampuh mematikan ekonomi Rusia ketika Rusia diblokir dari SWIFT.

Kalau dalam perang tradisional, kita mengenal angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara, maka dalam perang modern kita mengenal cyber force atau kekuatan dunia maya yang didominasi oleh penguasaan teknologi.

Baca Lainnya :

Dapat dibayangkan, pada era digital, semua teknologi berbasis internet. Seperti telekomunikasi dan peralatan perang, pabrik pembuatan senjata, media propaganda semuanya berbasis internet atau yang dikenal dengan IoT (Internet of Things).

Semua kegiatan manufaktur modern yang menggunakan robot dan instalasi infrastruktur publik seperti pusat tenaga listrik (power plant), stasiun penyiaran, jaringan listrik, pelabuhan dan lapangan udara (air traffic control) semuanya menggunakan teknologi berbasis internet.

Oleh karena itu, keberadaan angkatan cyber (cyber force) dalam perang modern merupakan sebuah keniscayaan. Negara yang menguasai teknologi cyber dan mampu melakukan penetrasi/infiltrasi ke dalam system cyber lawan maka akan banyak mendapatkan keuntungan.

Ternyata, beberapa tahun sebelum Rusia melakukan invasi ke Ukraina, Rusia telah melakukan serangan cyber (cyber attack) terhadap Ukraina. Pada tahun 2015 dan 2016 para peretas (hackers) Rusia telah berhasil mematikan pusat listrik di Ukraina bagian barat dan pada tahun 2017 mereka telah menggunakan malware (program komputer para hacker) untuk mengganggu operasi air traffic control di lapangan udara, jaringan kereta api dan operasi perbankan di Ukraina.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook