Pengguna Ditipu Belasan Juta Rupiah, Kredivo: Sistem Keamanan Data Aman

23 Des 2021, 17:14:29 WIB Teknologi
Pengguna Ditipu Belasan Juta Rupiah, Kredivo: Sistem Keamanan Data Aman

Beberapa pengguna Kredivo dan Bukalapak mengeluh ditipu hingga belasan juta melalui media sosial. Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Kredivo memastikan sistem terenkripsi dengan baik dan tidak ada kebocoran data.

Akhir pekan lalu, sejumlah pengguna mengeluhkan akun Kredivo digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk bertransaksi di platform Bukalapak. Nilai transaksi fiktif ini bahkan mencapai belasan juta rupiah.

VP Marketing & Communication Kredivo Indina Andamari menyampaikan, berdasarkan hasil audit mendalam, dapat dipastikan bahwa tidak ada indikasi kebocoran data pengguna di sistem.

Baca Lainnya :

“Selain itu, kami dapat menjamin keamanan data pengguna dalam sistem Kredivo yang telah terenkripsi dengan sangat baik, tidak terkecuali bagi karyawan internal,” kata Indina dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Kamis (23/12).

Sedangkan penyalahgunaan akun Kredivo diduga merupakan praktik penipuan bermodus phising. Phishing merupakan tindak kejahatan siber yang bertujuan mencuri data dan informasi penting pengguna seperti email, password, dan kode OTP..

“Ini dialami oleh kurang dari 0,001% dari total pengguna Kredivo berdasarkan analisis mendalam kami terhadap isu ini,” kata dia.

Kredivo pun mengungkapkan modus pelaku, yang dikaji berdasarkan penyelidikan internal. Modusnya sebagai berikut:


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.277.644
    Sembuh : 4.121.117
    Meninggal : 144.199
    Dirawat : 12.328

Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com