Pengamat: Mudik Dilarang Transportasi Dibolehkan, Pernyataan Jokowi Aneh

19 Mei 2020, 03:51:18 WIB Metropolitan
Pengamat: Mudik Dilarang Transportasi Dibolehkan, Pernyataan Jokowi Aneh

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa yang dilarang adalah mudik, tapi transportasi tidak dilarang. Pernyataan presiden itu menuai kritik karena dinilai inkonsisten dengan upaya pemutusan rantai COVID-19. 

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, berpendapat kebijakan presiden tentang mudik dilarang, namun transportasi dibolehkan itu sangat aneh. Sebab, orang-orang berpergian pasti menggunakan transportasi.

Baca Lainnya :

"Maksud saya, yang enggak boleh mudik tapi transportasi boleh, ya kan aneh saja. Orang justru pergi itu pakai transportasi, maka justru transportasi itu yang harus dikendalikan," kata Agus saat dihubungi, Senin (18/5). 

Menurut Agus, inkonsistensi kebijakan pemerintah itu diawali oleh pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tentang Surat Edaran Gugus Tugas terkait syarat-syarat orang yang boleh berpergian. 

"Ini kan awalnya ketika Menhub offside ngomong sudah dilonggarkan, tadinya kan baik-baik, ada yang langgar dikit-dikit adalah. Nah, setelah itu polisi, Satpol PP, dan Dishub, kan lepas tangan, kan mereka bingung jadinya," ujar Agus. 

"Kan itu aturan yang dibuat Gugus Tugas (syarat boleh pakai transportasi), bukan oleh Menhub. Sementara itu yang persoalannya kan di situ, sehingga berantakan semua. Kalau dia enggak ngomong gitu, enggak. Orang baik-baik saja kok," imbuhnya. 

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 25.216 kasus, Meninggal: 1.520, Sembuh : 6.492

    🕔29 Mei 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Bantu Ibu Ini Merawat Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Bantu Ibu Ini Merawat Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa