Ini Pendidikan Yang Harus Diberikan Untuk Anak Menjelang Usia Baligh

11 Mei 2022, 17:07:59 WIBDunia Islam
Ini Pendidikan Yang Harus Diberikan Untuk Anak Menjelang Usia Baligh

Keluarga memiliki peranan yang penting dalam membentuk karakter manusia sebagai penerus generasi. Kerusakan akhlak yang terjadi pada masyarakat zaman sekarang bukan hanya kesalahan dari remaja tersebut tetapi juga peran keluarga. Anak mudah mendapat informasi dari berbagai sumber karena teknologi digital saat ini.

Hasil penelitian menyatakan, anak dapat dididik sejak masih dalam kandungan, karena selama dalam kandungan, fungsi otak dan indra pendengaran anak sudah mulai berkembang, sehingga mereka dapat merasakan apa yang terjadi di luar kehidupan mereka, sementara yang mempengaruhi fungsi otak dan indera pendengaran bayi di dalam kandungan antara lain emosi dan kejiwaan seorang ibu, setiap gerakan rangsangan suara yang terjadi di sekitar ibu dan nutrisi yang ibu konsumsi yaitu makanan yang halalan thayyiban (makanan yang halal lagi baik).

Sebelum menuju dewasa/baligh anak-anak menuju tahapan mumayyiz. Pada masa ini anak sudah dapat membedakan yang baik dan buruk tapi belum menjadi orang yang mukallaf (wajib melaksanakan perintah agama dan menjauhi larangan). Masa Mumayyiz adalah masa yang tepat untuk mengajarkan tentang kewajiban-kewajiban bagi seorang muslim.

Baca Lainnya :

Rasulullah sangat memberikan perhatian yang penting untuk mempersiapkan anak-anak untuk mencapai usia baligh karena disana setiap yang dilakukan sudah menjadi tanggung jawabnya sendiri.

Dilansir dari laman youtube Jadiberkah dibahas mengenai persiapan orangtua untuk menghadapi masa baligh. Menyambut Anak Aqil Balik menjadi kajian yang sangat penting karena dapat menjadi pegangan para orangtua dalam mendidik anak.

Ustadz Syahroni Mardani menyampaikan bahwa baligh diterjemahkan dalam bahasa indonesia  adalah masa puber. Dalam islam ada batasan-batasan umur, usia baligh adalah batasan yang pertama, batasan kedua dalah ketika orang menkah yang ketiga ketika berumur empat puluh tahun , keempat pada saat seseorang berumur enam puluh tahun.

Usia baligh adalah ketika seorang anak laki atau perempuan telah wajib melaksanakan perintah agama. Wajib meninggalkan larangan dan wajib melaksanakan perintah. Anak laki-laki balighnya ditandai ketika bermimpi basah (keluar air mani) atau saat usianya masuk umur 14 tahun. Anak perempuan balighnya ketika pertama kali haid atau usianya masuk umur 14 tahun.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook