Pemerintah Buat Data Center-Cloud, Dibayar Prancis dan Korsel

26 Agu 2020, 06:23:12 WIB Teknologi
Pemerintah Buat Data Center-Cloud, Dibayar Prancis dan Korsel

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel A. Pangerapan menyatakan pemerintah akan membangun Government Cloud. Samuel mengatakan Government Cloud bagian dari langkah transformasi digital pemerintah.

"Untuk pemerintahan kami sudah menyiapkan Government Cloud," ujar Samuel dalam diskusi virtual, di Jakarta, Selasa (25/8).

Samuel menuturkan saat ini ada 2.700 data center dan room server. Dari jumlah itu, hanya 3 persen yang dinyatakan layak sebagai data center. Sisanya hanya merupakan room server yang sangat minimalis.

Baca Lainnya :

Selain itu, Samuel mengaku pihaknya menyiapkan jaringan pemerintah. Dia berkata pemerintah tidak pernah mendesain jaringan pemerintah. Padahal, dia berkata jaringan itu sangat diperlukan ketika memasuki ruang digital.

"Tanpa teknologi jaringan yang bagus, sangat rentan terhadap serangan. Makanya kami akan mendesain jaringan pemerintah," ujarnya.

Lebih lanjut, Samuel mengaku pemerintah sudah memutuskan untuk membangun dua data center besar. Berdasarkan presentasi, biaya pembangunan dua data center itu bersumber dari Pinjaman dan/atau Hibah Luar Negeri (PHLN) negara Perancis dan Korea Selatan.

"Sedang dibahas apakah dua saja cukup? Kemungkinan ada tiga, tapi ini belum diputuskan," ujar Samuel.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 392.934
    Sembuh : 317.672
    Meninggal : 13.411
    Dirawat : 61.851

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook