Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila Mendorong Isu PKI Kembali Mencuat

30 Mei 2020, 06:02:56 WIB Politik
Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila Mendorong Isu PKI Kembali Mencuat

Isu soal Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan kebangkitan paham komunisme semakin ramai menjelang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni nanti dinilai akibat pembahasan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di tengah Pandemik virus corona baru (Covid-19).

Direktur Habib Rizieq Shihab (HRS) Center, Abdul Chair Ramadhan menyoroti isu PKI yang semakin mencuat di media sosial belakangan ini.

Baca Lainnya :

"Lazimnya pemberitaan (ramai isu PKI) tersebut menjelang 30 September yang kita kenal dengan penghianatan G30S/PKI. Tidak dapat dipungkiri, faktor pemicunya adalah pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Sebagai usul inisiatif DPR, pembahasan RUU HIP dipandang tergesa-gesa, terlebih lagi di saat pandemik virus Corona," ucap Abdul Chair Ramadhan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (29/5).

Abdul pun mempertanyakan usul inisiatif pembahasan RUU HIP tersebut karena substansi inti pada RUU tersebut dinilai mengacu kepada hasil kajian Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang berjudul "Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila" tahun 2019.

Abdul pun juga kembali menyoroti penetapan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keppres 24/2016 Tentang Hari Lahir Pancasila.

"Sejatinya, Pancasila sebagai “dasar negara” ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Kelima sila Pancasila ditempatkan dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Adapun alinea pertama memuat pandangan filsafat tentang kemerdekaan dan penjajahan. Ini sekaligus menunjukkan bahwa Pancasila itu adalah pandangan hidup (falsafah) dan dasar negara. Oleh karena itu, nomenklatur “Ideologi” tentu tidak tepat," jelas Abdul.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

  • Positif Corona hingga hari ini : 64.958 kasus, Meninggal: 3.241, Sembuh : 29.919

    🕔07 Jul 2020

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Mari Berqurban
kanan - IG