PDIP Hingga LSM Kritik Anies yang Sediakan Jalur Sepeda

07 Jun 2021, 09:51:25 WIB Metropolitan
PDIP Hingga LSM Kritik Anies yang Sediakan Jalur Sepeda

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan jalur khusus bagi pengguna road bike (sepeda balap) di dua jalur protokol Ibu Kota. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta hingga koalisi LSM mengkritik keras kebijakan Gubernur Anies Rasyid Baswedan, karena dinilai tak prioritas dan diskriminatif.

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, mengatakan, Gubernur Anies telah memberikan karpet merah bagi hobi sepeda balap. Padahal, pengguna sepeda saja hanya 0,1 persen dari total masyarakat Jakarta, tapi mereka memakai 10 persen ruas jalan utama.

Menurut dia, kebijakan tersebut melukai perasaan masyarakat. "Mereka (pesepeda balap) tidak bayar pajak. Sedangkan pembayar pajak kendaraan tidak diberi karpet merah," kata Gilbert dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (6/6).

Baca Lainnya :

Gilbert menyebut, Anies juga tak tahu prioritas dalam manajemen pengelolaan tranportasi. Sebab, penggunaan sepeda balap bukanlah untuk transportasi, melainkan untuk olahraga. "Tentu sepeda balap ini bukan lagi konsep transportasi, tapi hobi," kata anggota Komisi B DPRD DKI itu.

Koalisi LSM juga menekankan agar Pemprov DKI mengutamakan para pesepeda dengan tujuan transportasi dibanding pesepeda dengan tujuan olahraga. Hal itu termaktub dalam Deklarasi Bersepeda Aman yang dirilis pada Kamis (3/6).

Deklarasi itu dinyatakan tiga LSM, yakni Bike To Work (B2W) Indonesia, Road Safety Association Indonesia, dan Koalisi Pejalan Kaki (KPK). Republika telah mengkonfirmasi isi deklarasi itu kepada Ketua B2W.

"Menegaskan kembali bahwa bersepeda pada ruang publik/bersama diutamakan untuk pola transportasi bukan sarana olahraga," demikian bunyi salah satu poin pernyataan sikap mereka.


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.976.172
    Sembuh : 1.786.143
    Meninggal : 54.291
    Dirawat : 135.738

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc