Panas Dingin Konflik Papua di Tangan Jokowi

25 Sep 2020, 06:14:39 WIB Politik
Panas Dingin Konflik Papua di Tangan Jokowi

Dalam sepekan terakhir, Papua kembali memanas. Baku tembak antara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang kerap juga disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan TNI terjadi, bahkan memakan korban jiwa baik dari pihak militer maupun sipil.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, setidaknya enam orang menjadi korban jiwa dalam rentetan peristiwa penembakan di kawasan Papua. Sebanyak empat di antaranya meregang nyawa.

Terkini adalah pendeta Yeremia Zanambani yang tewas karena tembakan di dekat rumahnya di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Sabtu (19/9) lalu. Insiden yang cukup menarik perhatian publik ini hingga saat ini masih abu-abu. Belum ada kejelasan soal pihak yang bertanggung jawab atas penembakan itu.

Baca Lainnya :

Baik dari TPNPB-OPM ataupun TNI, sama-sama saling menuding balik soal keterlibatan dalam penembakan tokoh agama di Papua itu.

Sementara itu Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI meminta pemerintahan Jokowi untuk melakukan evaluasi terhadap penegakan keamanan di Papua.

Berbicara tentang evaluasi tersebut, peneliti Independen sekaligus pemerhati Papua, Ridwan al-Makassary, mengatakan konflik di wilayah paling timur Indonesia itu memang bukan merupakan hal yang mudah untuk ditangani dalam waktu singkat. Apalagi, saat pemerintah Indonesia dan warga nasionalis Papua yang saling tarik ulur dalam menentukan kebijakannya.

"Memang agak sulit menyelesaikan Papua dalam waktu yang cepat. Kemudian, ketika pemerintah juga melakukan semacam counter attack, kekerasan," kata Ridwan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (22/9).

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 365.240
    Sembuh : 289.243
    Meninggal : 12.617
    Dirawat : 63.380

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV