Palestina Digempur Bikin Jengah Negara Arab yang Sudah Berdamai dengan Israel

15 Mei 2021, 21:13:17 WIB Internasional
Palestina Digempur Bikin Jengah Negara Arab yang Sudah Berdamai dengan Israel

Memburuknya konflik antara Israel dan Palestina membuat jengah sejumlah negara Arab yang baru-baru ini menormalisasi hubungan dengan Israel.

Kesepakatan Abraham yang sebelumnya didengungkan itu merupakan perjanjian yang ditandatangani Israel dengan empat negara Arab - yaitu Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Sudan.

Namun, konflik yang kembali pecah di Timur Tengah dalam sepekan terakhir menyebabkan upaya normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Israel itu jadi tertunda.

Baca Lainnya :

Kesepakatan Abraham, yang dibuat pada penghujung pemerintahan Donald Trump di AS, menjadi penanda bahwa negara-negara Arab itu tidak sekadar memulihkan hubungan dengan Israel, namun juga memulai kerja sama di sejumlah sektor, termasuk keamanan dan intelijen.

Beberapa pekan setelah penandatanganan perjanjian itu di Washington, kepala badan intelijen luar negeri Israel, Mossad, mendapat sambutan karpet merah di kawasan Teluk, padahal sampai tahun lalu hal seperti ini mustahil bisa terjadi.

Tapi kini pemerintah negara-negara Arab yang ikut perjanjian itu, terutama UEA dan Bahrain, berada dalam posisi yang tidak nyaman.

Setelah mengungkapkan kepada rakyat mereka mengenai manfaat kerja sama dengan Israel di bidang perdagangan, pariwisata, riset medis, ekonomi hijau, dan pembangunan saintifik, negara-negara Arab itu kini dalam situasi yang janggal saat tayangan televisi selama 24 jam menunjukkan aksi Israel membombardir Gaza, mengusir warga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem Timur, serta mengerahkan polisi ke kompleks suci Masjid Al-Aqsa pekan lalu.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc