Pakar Soal Dangdutan Waket DPRD Tegal: Khawatir Muncul Klaster Konser

28 Sep 2020, 05:22:00 WIB Daerah
Pakar Soal Dangdutan Waket DPRD Tegal: Khawatir Muncul Klaster Konser

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo menggelar konser dangdut di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Pakar Epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Laura Navika Yamani khawatir konser itu akan memunculkan klaster baru.

"Dengan kejadian ini dikhawatirnya akan memunculkan klaster baru yaitu klaster konser Tegal ini," ujar Laura lewat pesan singkat kepada detikcom, Minggu (27/9/2020).

Laura sangat menyayangkan konser dangdut itu lolos perizinan dan pengawasan perangkat lingkungan sekitar. Ia menegaskan kerumunan dalam konser dapat menjadi faktor utama penularan virus Corona.

Baca Lainnya :

"Kita tidak tahu apakah yang hadir dalam konser tersebut tidak sedang membawa virus atau terinfeksi dengan kondisi tanpa gejala. Ini sangat berbahaya dengan tanpa jarak dan dengan durasi yang lama akan dapat menularkan Covid-19 secara cepat," imbuh Laura.

Ia meminta pemda setempat untuk melakukan tracing dan tracking secepatnya. Jika tidak, penyebaran virus berisiko meluas.

"Apalagi banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak. Jika ada 1 orang saja yang positif sudah sangat berpotensi bisa menyebar ke yang lain. Dan itu harus dipastikan dengan melakukan testing pada orang-orang yang menghadiri konser tersebut," ungkap Laura.

Penularan virus, sebut Laura, akan sangat fatal bagi kelompok rentan. Salah satunya adalah balita. Ia menyebut balita tidak memiliki sistem imun yang baik.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 368.842
    Sembuh : 293.653
    Meninggal : 12.734
    Dirawat : 62.455

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV


+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan - mncTV