Pahala Kurban : Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan

07 Jul 2022, 15:00:53 WIBDunia Islam
Pahala Kurban : Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan

Pahala berkurban di antaranya adalah mendapatkan pahala sebanyak bulu hewan yang dikurbankan. Oleh karena itu, menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Ada hadis Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah “Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan”.

Dengan pahala dan keutamaan yang sebanyak itu, kurban akan menjadi motivasi bagi setiap Muslim untuk menyembelih hewan kurban pada setiap Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah ini.

Baca Lainnya :

Dirangkum dari berbagai sumber, hewan yang disembelih ini disebut juga udhhiyyah (hewan kurban). Yakni hewan yang disembelih oleh seseorang dalam rangka beribadah kepada Allah Azza wa Jalla pada hari raya Idul ‘Adha dan tiga hari setelahnya. Ibadah ini termasuk di antara ibadah-ibadah yang paling afdhal (terbaik).

Allah Azza wa Jalla menyebutkannya beriringan setelah perintah shalat dalam firman-Nya :

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah.' (QS Al-Kautsar : 1-2)

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook