Oknum Kementerian Beri Bantuan Hukum ke Terdakwa Mafia Tanah Disorot

22 Sep 2021, 09:18:40 WIB Metropolitan
Oknum Kementerian Beri Bantuan Hukum ke Terdakwa Mafia Tanah Disorot

Adanya dugaan keterlibatan oknum kementerian dalam kasus mafia tanah dinilai merupakan bentuk campur tangan yang tak etis.

Hal ini menyusul pengakuan mantan juru ukur BPN, Paryoto yang mengaku pernah dapat bantuan hukum dari Kementerian ATR/BPN agar bisa dibebaskan dalam kasus mafia tanah di Cakung. Saat ini, Paryoto masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang dalam kasus pamalsuan sertifikat tanah alias mafia tanah Cakung.

"Tentu keterlibatan Kementerian ATR/BPN ini tidak pantas membantu seorang tersangka, bahkan terdakwa. Ini sama saja Menteri Sofyan ikut campur mengurusi urusan polisi," ucap Ketua Gerakan Nasional 98, Anton Aritonang kepada wartawan, Selasa 21 September 2021.

Baca Lainnya :

Dia menilai kalau bantuan hukum kepada tersangka atau terdakwa hanya bisa diberikan oleh pengacara dan aparat hukum, bukan malah oleh pihak kementerian seperti dalam kasus ini. Menurut Anton adanya bantuan hukum kepada Paryoto ini makin menegaskan adanya permainan oleh Kementerian ATR/BPN guna memberi karpet merah kepada mafia tanah.

"Ada indikasi mafia tanah itu dibiarkan, dia (Kementerian ATR/BPN) juga sengaja menyimpan dan terlibat dalam mafia tanah," katanya.

Bukan hanya kasus ini, menurutnya ada kasus lain yang mengindikasikan keberpihakan Kementerian ATR/BPN kepada mafia tanah. Dia berharap ada langkah tegas dari pemerintah pusat untuk benar-benar memerangi mafia tanah yang selama ini masih marak terjadi di Tanah Air.

"Ada kasus di Babel, ada seorang Kakanwil BPN Bangka Belitung diangkat sebagai direktur. Tapi ternyata direktur di salah satu bidang BPN ini mundur. Ini kan berarti ada yang tidak beres, dia tidak puas dengan kerja menteri. Nah ini kemungkinan terjadi di banyak daerah lain. Artinya apa, seperti ini ada kemungkinan di daerah lain kasus seperti ini, BPN melindungi mafia tanah itu sendiri, bekerja sama dengan pihak luar, dengan pengembang. BPN hampir 80 persen terlibat," katanya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.239.396
    Sembuh : 4.081.417
    Meninggal : 143.176
    Dirawat : 14.803

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc