Nuzulul Alquran Momen Mendekatkan Diri dengan Alquran

29 Apr 2021, 10:38:49 WIB Dunia Islam
Nuzulul Alquran Momen Mendekatkan Diri dengan Alquran

Puasa sudah melewati pertengahan Ramadhan 1442 H, yaitu 17 Ramadhan, bertepatan dengan peristiwa agung Nuzulul Qur'an (turunnya Al Qur'an). Jadikan kegiatan memperingati Nuzulul Quran untuk mendekatkan diri kita dengan Alquran.

Penghulu Muda Pada KUA Kuta Malaka Aceh Besar, Ustaz Muhammad Nasril, Lc. MA mengatakan, mengenai kapan turunnya Alquran, ulama berbeda pendapat. Maka, karena adanya perbedaan tersebut, sebagian besar negara Arab memperingati peristiwa Nuzulul Qur'an pada 27 Ramadhan.

"Terlepas dari perbedaan tersebut, inti dari peringatan Nuzulul Quran adalah agar umat Islam mengambil hikmah/ibrah agar semakin dekat dengan Alquran dan semakin rajin membaca, mentadabbur dan mengamalkannya," katanya saat menyampaikan tausiyah daringnya, Kamis (29/4)

Baca Lainnya :

Terkait hal itu Ustaz Nasril mengutip firman Allah dalam surat Albaqarah ayat 185 yang arinya. "Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)."

Alquran diturunkan sebagai pedoman hidup kita (dustur) untuk ditadabburi atau direnungkan. Sehingga bisa memahami, mengambil ibrah dan mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.

"Bukan sekedar untuk diperingati secara seremonial," katanya.

Ustaz Nasril menyarankan, Nuzulul Quran yang diperingati secara menyeluruh di Indonesia harus mampu melahirkan generasi yang cinta kepada Alquran. Dengan adanya Nuzulul quran ini juga harus menumbuhkan keinginan lebih dalam untuk membaca, mempelajari, mentadabbur dan mengamalkan kandungannya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.703.632
    Sembuh : 1.558.423
    Meninggal : 46.663
    Dirawat : 98.546

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia

kanan-toelf