Negara Muslim Bersatu, HAM PBB Didesak 'Turun Gunung' di Gaza

26 Mei 2021, 12:25:44 WIB Internasional
Negara Muslim Bersatu, HAM PBB Didesak

Dewan Hak Asasi Manusia PBB tengah mempertimbangkan untuk melakukan penyelidikan internasional ke Gaza, Palestina. Ini terkait pelanggaran "sistematis" dalam pertempuran mematikan yang terjadi 11 hari tersebut, antara Israel dan dua kelompok di Gaza, Hamas serta Jihad Islam.

Proposal tersebut merupakan bagian dari strategi resolusi damai di kawasan itu. Teks disajikan Pakistan, atas nama Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Badan hak asasi PBB itu diminta segera membentuk komisi penyelidikan internasional independen ... di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur dan Israel," tulis proposal tersebut sebagaimana dimuat AFP, Rabu (26/5/2021).

Baca Lainnya :

"Para penyelidik, harus menyelidiki semua dugaan pelanggaran dan pelanggaran hukum internasional terkait dengan ketegangan, yang memicu kekerasan baru."

Pertempuran berakhir dengan gencatan senjata Jumat (21/5/2021). Namun sebelumnya tercatat 253 warga Palestina di jalur Gaza tewas, termasuk anak-anak, dan 1.900 luka karena serangan udara dan tembakan artileri Israel.

Roket Hamas juga menewaskan 12 orang di Israel, termasuk seorang anak dan seorang remaja Arab-Israel. Sekitar 357 orang terluka.

Di sisi lain proposal itu juga menyerukan investigasi akar penyebab ketegangan yang terus berulang, yang menyebabkan ketidakstabilan di kawasan selama berpuluh-puluh tahun. Termasuk diskriminasi sistematis dan penindasan berdasarkan identitas kelompok.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.206.253
    Sembuh : 4.020.801
    Meninggal : 141.381
    Dirawat : 44.071

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc