NATO Semakin Ketakutan Menghadapi Kebangkitan China

15 Jun 2021, 07:27:50 WIB Internasional
NATO Semakin Ketakutan Menghadapi Kebangkitan China

Dokumen itu mengatakan China dengan cepat memperluas persenjataan nuklirnya, "tidak jelas" dalam modernisasi militernya dan bekerja sama secara militer dengan Rusia. "Kami tetap prihatin dengan kurangnya transparansi dan penggunaan disinformasi di China," ungkap dokumen KTT itu.

"Kami tidak memasuki Perang Dingin baru dan China bukan musuh kami, bukan musuh kami," papar Stoltenberg kepada wartawan di markas NATO menjelang KTT.

Dia menegaskan, “Tetapi kita perlu mengatasi bersama, sebagai aliansi, tantangan yang ditimbulkan oleh kebangkitan China terhadap keamanan kita.”

China adalah salah satu kekuatan militer dan ekonomi terkemuka di dunia, yang Partai Komunisnya yang berkuasa memiliki cengkeraman yang kuat dalam politik, kehidupan sehari-hari dan sebagian besar masyarakat.

NATO menjadi semakin khawatir tentang kemampuan militer China yang berkembang pesat, yang dilihatnya sebagai ancaman terhadap keamanan dan nilai-nilai demokrasi anggotanya. Dalam beberapa tahun terakhir, aliansi tersebut juga semakin waspada terhadap aktivitas China di Afrika, di mana Beijing telah mendirikan pangkalan militer.

Pada Senin, Stoltenberg mengatakan China "mendekati" NATO dalam hal kemampuan ekonomi, militer dan teknologinya. Penilaian itu digaungkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang mengatakan ada kebutuhan untuk mengelola tantangan yang ditimbulkan China.

"Ketika datang ke China, saya tidak berpikir siapa pun di sekitar meja ingin turun ke Perang Dingin baru dengan China," papar Johnson setibanya di KTT NATO. [sb]




<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.206.253
    Sembuh : 4.020.801
    Meninggal : 141.381
    Dirawat : 44.071

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc