NATO Semakin Ketakutan Menghadapi Kebangkitan China

15 Jun 2021, 07:27:50 WIB Internasional
NATO Semakin Ketakutan Menghadapi Kebangkitan China

BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyeru anggotanya menanggapi kebangkitan China di penjuru dunia. Dia memperingatkan hal itu saat konferensi tingkat tinggi (KTT) untuk memperkuat dukungan Amerika Serikat (AS) pada NATO.

KTT NATO di Brussels mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan perilaku China sebagai "tantangan sistemik". Mereka juga setuju menjaga bandara Kabul tetap beroperasi saat AS dan sekutunya menarik pasukan dari Afghanistan. Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan KTT itu adalah "momen penting" bagi aliansi tersebut. Ini adalah pertemuan NATO pertama Presiden AS Joe Biden sejak menjabat.

NATO adalah aliansi politik dan militer yang kuat antara 30 negara Eropa dan Amerika Utara. Lembaga itu didirikan setelah Perang Dunia Kedua sebagai tanggapan terhadap ancaman ekspansi komunis.

Baca Lainnya :

Dalam beberapa tahun terakhir, aliansi itu berada di bawah tekanan ketika para pemimpin memperdebatkan tujuan dan pendanaannya. Ketegangan meningkat selama masa kepresidenan Donald Trump, yang mengeluhkan kontribusi keuangan negaranya untuk aliansi dan mempertanyakan komitmen AS untuk membela mitra Eropa.

Sebaliknya, Biden berusaha menegaskan kembali dukungan AS untuk aliansi berusia 72 tahun itu. "Saya ingin memperjelas: NATO sangat penting untuk kepentingan AS," ujar Biden saat tiba di KTT pada Senin (14/6).

Negaranya, menurut Biden, memiliki "kewajiban suci" untuk mematuhi Pasal 5 perjanjian pendiri NATO, yang mewajibkan anggotanya saling membela dari serangan.

Mengapa NATO fokus pada China? Menurut komunike KTT (pernyataan penutup), "Ambisi yang dinyatakan dan perilaku tegas China menghadirkan tantangan sistemik terhadap tatanan internasional berbasis aturan dan ke bidang yang relevan dengan keamanan Aliansi."


Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc