NASA Ingin Beli Batu dan Debu dari Bulan

13 Sep 2020, 10:49:27 WIB Teknologi
NASA Ingin Beli Batu dan Debu dari Bulan

NASA berencana untuk membeli batu dan debu dari Bulan yang dikumpulkan oleh perusahaan swasta. Rencana ini langkah terbaru NASA untuk mendorong komersialisasi eksplorasi ruang angkasa.

NASA menyatakan siap membayar sampel batu dan debu dari Bulan dengan berat antara 50 hingga 500 gram. NASA mengatakan akan membayar penuh setelah perusahaan swasta memberikan gambar yang membuktikan sampel tersebut siap diambil dan dialihkan  ke NASA.

Dalam pernyataan resmi, NASA mengatakan tujuan pemerintah AS adalah membuat kebijakan yang akan mendorong dukungan internasional untuk pemulihan publik dan swasta, serta penggunaan sumber daya di luar angkasa.

Baca Lainnya :

NASA mengatakan hal ini akan memacu investasi sektor swasta dalam teknologi ruang angkasa yang akan mendorong upaya sains dan eksplorasi lebih jauh, dibandingkan hanya mengandalkan usaha pemerintah.

"Kami tahu kebijakan yang mendukung mengenai pemulihan dan penggunaan sumber daya luar angkasa penting untuk menciptakan lingkungan investasi yang stabil dan dapat diprediksi untuk inovator dan pengusaha ruang komersial," terang NASA, dikutip dari CNN Business, Minggu (13/9).

Gagasan apakah suatu negara atau swasta dapat memiliki atau menjual sumber daya luar angkasa sesungguhnya masih menjadi bahan perdebatan dalam hukum internasional.

Perjanjian Luar Angkasa 1969 mengatur soal kepemilikan dan penjualan objek dari luar angkasa. Sedangkan perjanjian Bulan pada 1979 berusaha untuk mengklarifikasi masalah tersebut baru diadopsi oleh 18 negara. Amerika bukan salah satu dari 18 negara tersebut.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 282.724
    Sembuh : 210.437
    Meninggal : 10.601
    Dirawat : 61.686

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia