Nadiem: Efek PJJ Berkepanjangan Sangat Negatif dan Permanen

08 Agu 2020, 09:48:45 WIB Pendidikan
Nadiem: Efek PJJ Berkepanjangan Sangat Negatif dan Permanen

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berdampak negatif dan permanen. Salah satu efek negatif itu adalah ancaman putus sekolah.

"Efek daripada PJJ secara berkepanjangan itu bagi siswa adalah efek yang bisa sangat negatif dan permanen," kata Nadiem dalam sebuah konferensi pers secara daring, Jumat (7/8).

Nadiem menjelaskan ketika peserta didik menjalankan PJJ secara tidak optimal dan koneksi internet untuk pembelajaran daring tak lancar, hal itu dapat berakibat fatal bagi peserta didik.

Baca Lainnya :

"Kemungkinan beberapa persepsi orang tua juga berubah terkait peran sekolah dalam proses pembelajaran yang tidak optimal. Sehingga ancaman putus sekolah ini sesuatu yang riil dan berdampak seumur hidup bagi anak-anak kita," kata Nadiem.

Dampak lainnya yaitu ancaman penurunan capaian pembelajaran. Nadiem mengatakan PJJ mengakibatkan materi pelajaran tak terserap dengan baik oleh siswa. Hal itu masih harus ditambah kesenjangan kualitas akses yang digunakan untuk PJJ secara daring.

Eks bos Gojek itu mengatakan efek PJJ ini mengakibatkan kekerasan pada anak semakin meningkat. Selain itu tekanan mental yang dirasakan peserta didik juga semakin meningkat.

"Risiko psikososial anak karena stres di dalam rumah, tidak bisa keluar, dan tidak bertemu teman," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 396.454
    Sembuh : 322.248
    Meninggal : 13.512
    Dirawat : 60.694

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia