Meski Dilarang, Survei Ramal Pemudik Tembus 26,7 Juta

01 Apr 2021, 14:02:05 WIB Ekonomi
Meski Dilarang, Survei Ramal Pemudik Tembus 26,7 Juta

Survei Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan 11 persen masyarakat memilih untuk tetap mudik dan berlibur jelang atau pada hari H Lebaran meski pemerintah tidak membolehkannya.

Jika ditotal, jumlah tersebut mencapai 26,7 juta jiwa. Sementara itu, jumlah masyarakat yang memutuskan untuk tidak mudik lebih besar yakni 89 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan survei tentang persepsi masyarakat terhadap pergerakan perjalanan pada masa Idul Fitri itu dilakukan Balitbang bersama Institute Teknologi Bandung (ITB) secara online pada Maret lalu.

Baca Lainnya :

"Survei tersebut diikuti oleh 61.998 responden yang berprofesi sebagai karyawan swasta 25,9 persen sisanya PNS, mahasiswa, BUMN, wiraswasta, ibu rumah tangga dan lainnya," ujar Budi Karya dalam keterangan resminya, Kamis (1/4).

Untuk daerah yang dituju, hasil survei menunjukkan Jawa Tengah menjadi tujuan 37 persen pemudik, Jawa Barat 23 persen dan Jawa Timur 14 persen.

Nantinya, data-data tersebut akan digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan aturan pengendalian transportasi pada periode mudik lebaran. Selain merujuk pada survei tersebut, Kemenhub juga meminta masukan dari berbagai pihak termasuk pengamat transportasi, sosiolog dan stakeholders lainnya.

"Masukan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun aturan terkait pengendalian transportasi maupun sanksi jika ada pelanggaran," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 1.989.909
    Sembuh : 1.792.528
    Meninggal : 54.662
    Dirawat : 142.719

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc