Menguak Bisnis Bikin Cheat PUBG Bernilai Triliunan

11 Sep 2020, 11:28:25 WIB Teknologi
Menguak Bisnis Bikin Cheat PUBG Bernilai Triliunan

Software untuk melakukan kecurangan (cheat) di game online populer seperti PUBG di China ternyata memiliki nilai bisnis fantastis hingga US$293 juta atau sekitar Rp4,3 triliun.

Nilai bisnis ini dilaporkan oleh Tencent yang mengembangkan gim PUBG dan Call of Duty: Mobile.  Software cheat atau cheatware bisa membuat pengguna bisa berbuat curang di gim.

Salah satu cheat yang paling populer adalah auto-aiming yang mampu membantu pemain melihat musuh di balik sebuah ojek dan secara otomatis mengunci bidikan ke musuh. Cheat populer lainnya bisa membuat pemain terbang atau menembus dinding.

Baca Lainnya :

Besarnya pasar cheatware China merupakan bukti meningkatnya permintaan. Peningkatan ini terjadi meski ada upaya industri internet untuk menghilangkan akses komersial ke cheatware hingga tindakan otoritas China terhadap pembuat cheatware.

Sudah sejak lama Otoritas China melakukan penindakan terhadap penjualan cheatware. Pada 2020, China meluncurkan kampanye Sword Net 2020 yang menargetkan pembuat cheatware.

Pada Juni, polisi menggerebek operasi cheatware di Taizhou, Jiangsu yang menghasilkan pendapatan 20 juta yuan atau sekitar Rp43,5 miliar setelah hampir dua tahun beroperasi.

Namun, pasar cheat dan peretasan video game di China terus berkembang pesat. Judul-judul populer yang dimanfaatkan oleh pembuat  cheatware untuk menarik banyak pemain termasuk League of Legends, Apex Legends, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), dan Peacekeeper Elite.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 282.724
    Sembuh : 210.437
    Meninggal : 10.601
    Dirawat : 61.686

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia