Mengapa LSM Eropa Sebut Islamofobia Wujud Akal Sehat?

19 Okt 2020, 13:35:26 WIB Dunia Islam
Mengapa LSM Eropa Sebut Islamofobia Wujud Akal Sehat?

SIAN, organisasi yang aktif menyuarakan Islamofobia dan anti-Islam di Eropa mempunyai moto: Rasisme adalah bentuk paling rendah dari kebodohan manusia, tetapi Islamofobia wujud tertinggi dari akal sehat.

Organisasi yang sebelumnya merupakan Komite Aksi Menolak Azan (Aksjonskomiteen mot bønnerop) itu mengklaim anggotanya mencapai tiga ribu orang. Mereka aktif di berbagai platform media sosial. Sebelum 2012, organisasi ini berada dalam struktur Stop Islamization of Europe (SIOE). 

Mengapa sampai ada semboyan seaneh ini? Andrew Shryock dalam Islamophobia/Islamophilia: Beyond the Politics of Enemy and Friend (2010) menunjukkan, kelahiran istilah Islamofobia cenderung baru. Istilah ini mulai dipakai di Inggris pada 1990-an, tetapi kemudian merebak luas sejak Tragedi 9/11.

Baca Lainnya :

Islamofobia umumnya dipahami sebagai ketakutan yang digeneralisasi terhadap Islam dan orang Muslim. Di Eropa, sentimen anti-Muslim mengemuka seiring dengan pertumbuhan jumlah imigran dari Afrika dan Asia Barat. Kalangan politikus sayap-kanan pun kerap mendiskreditkan Islam demi menggaet pemilih.

Shryock mengatakan, Islamofobia mengusung stereotip, kaum Muslimin adalah ekstremis yang kejam, anti-Yahudi, anti-Kristen, menolak demokrasi, menindas perempuan, dan terbelakang secara budaya. SIOE tampaknya ingin menyuburkan semua stereotip ini sehingga memakai semboyan Islamofobia [adalah] wujud tertinggi dari akal sehat.

Shryock menjelaskan, selain Islamofobia, ada pula Islamofilia. Philia dari bahasa Yunani yang berarti 'cinta.' Islamofilia bermakna 'menyenangi [orang] Islam.' Namun, Shryock mendeteksi, baik Islamofobia maupun Islamofilia bergerak dalam logika yang sama: politik ketakutan (politics of fear).

Keduanya memandang Islam dan Muslim sebagai pihak lain (the other) yang layak ditakuti. Bedanya, Islamofobia menatap penuh kebencian. Sementara itu, pandangan Islamofilia difilter dengan kacamata: baik-buruk.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 549.508
    Sembuh : 458.880
    Meninggal : 17.199
    Dirawat : 73.429

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia