Megawati Ingatkan Kepemimpinan Strategik Tidak demi Pencitraan

12 Jun 2021, 06:58:09 WIB Politik
Megawati Ingatkan Kepemimpinan Strategik Tidak demi Pencitraan

 Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menjelaskan tentang karakter kepimpinan strategik. Menurut dia, karakter dengan kepemimpinan itu haruslah benar-benar turun ke lapangan, bukan sekadar demi pencitraan.

“Kepemimpinan strategik juga tidak bisa berdiri atas dasar pencitraan,” kata Megawati mengatakan itu dalam orasi ilmiahnya usai menerima gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, di kampus Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 11 Juni 2021.

Megawati lantas mengutip pernyataan Jim Collins, seorang peneliti dan penulis berkebangsaan Amerika Serikat, mengenai kepemimpinan yang membangun organisasi jauh lebih penting, ketimbang sekadar membangun popularitas secara pribadi. 

Baca Lainnya :

Kepemimpinan strategik, kata Megawati, memerlukan kerja turun ke bawah, dan langsung bersentuhan dengan rakyat bawah atau wong cilik.

“Sebab ukuran kemajuan suatu bangsa, parameter ideologis justru diambil dari kemampuan negara di dalam mengangkat nasib rakyat yang paling miskin dan terpinggirkan,” kata Megawati.

“Itulah tanggung jawab etik dan moral terbesar seorang pemimpin menghadirkan terciptanya keadilan sosial,” ujar putri Proklamator Sukarno itu.

Megawati lalu mengajak agar kritik dan otokritik dilakukan sebagai refleksi bersama bagi seluruh elemen bangsa.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.195.958
    Sembuh : 4.002.706
    Meninggal : 140.805
    Dirawat : 52.447

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc