Malaysia datangkan sapi dari Thailand cukupi kebutuhan Idul Adha

19 Jun 2022, 21:12:39 WIBInternasional
Malaysia datangkan sapi dari Thailand cukupi kebutuhan Idul Adha

Pemerintah Malaysia mencukupi kekurangan hewan kurban yang dibutuhkan menjelang Idul Adha dengan mendatangkan sapi dari Thailand.

Direktur Jenderal Departemen Pelayanan Kedokteran Hewan (DVS) Kementerian Pertanian dan Industri Makanan (MAFI) Dr Norlizan Mohd Noor mengatakan mereka telah melakukan serangkaian diskusi dengan otoritas Thailand untuk menyelesaikan beberapa masalah teknis dan protokol, agar sapi dapat segera masuk ke Malaysia.

“Kemarin, kami mengirimkan surat terakhir kami kepada otoritas Thailand meminta kerja sama mereka untuk mengizinkan penerbitan sertifikat kesehatan hewan untuk melepaskan sapi yang sudah berada di stasiun karantina di Thailand. Insya Allah sebentar lagi sebelum Idul Adha bisa kita selesaikan,” ujar dia, seperti dikutip Bernama, Sabtu.

Baca Lainnya :

Kekurangan sapi kurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha diharapkan dapat teratasi pada awal Juli, termasuk masa karantina pemasukan sapi impor yang dipersingkat menjadi hanya 14 hari.

Ia menjelaskan, Malaysia membutuhkan 42.000 ekor sapi untuk kurban. Namun, sejauh ini peternak dalam negeri baru bisa memasok sekitar 38.000 ekor sapi.

"Kami masih berharap agar sapi dari luar segera masuk, terutama dari Thailand, karena ukuran sapi yang didatangkan dari negara itu lebih cocok untuk ibadah kurban, sama seperti sapi lokal,” ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, bagi yang ingin melakukan ritual kurban tidak perlu khawatir dengan masa karantina jika sapi asal Thailand diperbolehkan masuk ke Malaysia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook