MA Perberat Hukuman Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Jadi 7 Tahun Penjara

07 Jun 2021, 20:11:03 WIB Hukum
MA Perberat Hukuman Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Jadi 7 Tahun Penjara

Mahkamah Agung memperberat hukuman mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Hukumannya diperberat menjadi 7 tahun penjara. Vonis ini lebih berat 1 tahun dibanding hukuman yang dijatuhkan sebelumnya.

"Mahkamah Agung menolak (MA) permohonan kasasi yang diajukan oleh Jaksa/Penuntut Umum. Namun demikian menurut MA, terlepas dari alasan/keberatan kasasi Penuntut Umum, pemidanaan yang dijatuhkan kepada Terdakwa I Wahyu Setiawan perlu diperbaiki sekadar mengenai pemidanaan yang dijatuhkan yaitu dari putusan judex facti menjatuhkan pidana penjara selama 6 (enam) tahun menjadi 7 (tujuh) tahun," kata juru bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/6).

Pada tahap Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi, Wahyu Setiawan dihukum 6 tahun penjara serta denda Rp 150 juta subsider 4 bulan kurungan. Kini, hukuman denda pun diperberat menjadi Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan.

Baca Lainnya :

"MA juga memperbaiki putusan judex facti mengenai pidana tambahan yang dijatuhkan berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik dari 4 (empat) tahun menjadi 5 (lima) tahun," ungkap Andi.

Hukuman ini diperberat atas beberapa pertimbangan. Salah satunya, Wahyu Setiawan selaku Komisioner KPU dinilai telah mencederai kepercayaan publik.

Terlebih posisi KPU, kata dia, dianggap sentral untuk dapat menghasilkan pejabat yang memiliki rekam jejak baik dalam memimpin suatu daerah.

"Menurut MA, ada keadaan yang memberatkan Terdakwa I Wahyu Setiawan sehingga hukumannya diperberat yakni Terdakwa I selaku pejabat/penyelenggara negara sebagai Anggota KPU RI bertanggung jawab atas terpilihnya penyelenggara negara yang baik, bersih dan jujur, seharusnya Terdakwa bekerja dengan baik, jujur dan bersih akan tetapi malah justru mengingkari sumpah jabatannya," lanjut dia.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 3.331.206
    Sembuh : 2.686.170
    Meninggal : 90.552
    Dirawat : 554.484

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - Emiisc