Langka pasokan, harga ternak di bantul melambung

21 Jun 2022, 05:21:12 WIBEkonomi
Langka pasokan, harga ternak di bantul melambung

Harga ternak kambing dan sapi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melambung selama beberapa hari terakhir. Terkereknya harga itu diduga menjadi akibat dari seretnya stok hewan ternak.

Kenaikan harga ternak tersebut terpantau melalui survei yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) di sejumlah pasar hewan yang ada di Bantul.

"Harga ternak sekarang malah naik. Jadi barang tidak ada akibat sakit PMK, nah permintaan cukup banyak jelang Idul Adha. Otomatis hukum ekonomi permintaan banyak harga barang menjadi naik," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Joko Waluyo saat dihubungi detikJateng, Senin (20/6/2022).

Baca Lainnya :

Kenaikan harga sapi itu menurutnya terjadi selama sepekan terakhir. Pasokan yang kurang dan harga yang melambung membuat transaksi jual beli ternak di Bantul menjadi sepi.

"Naiknya harga sapi sudah berlangsung selama satu pekan terakhir. Apalagi sekarang di Pasar hewan Imogiri transaksinya ikut menurun," ujarnya.

Menurutnya, harga ternak pada saat ini bervariasi tergantung ukurannya. Namun, rata-rata harga sapi naik hingga Rp 2 juta tiap ekornya.

"Kalau untuk kambing naiknya Rp 500 ribu-Rp 800 ribu per ekor. Itu berdasarkan pantauan di Pasar hewan Imogiri," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Berita Populer

kanan - bataroster.com
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook