Kuntowijoyo Ungkap Beda Islam dan Pemikiran Marxisme

20 Okt 2020, 06:54:24 WIB Dunia Islam
Kuntowijoyo Ungkap Beda Islam dan Pemikiran Marxisme

Menurut strukturalisme umumnya, realitas dan dunia dapat dipahami sebagai sebuah struktur. Struktur didefinisikan sebagai sesuatu yang memiliki tiga ciri, yakni keseluruhan, kemampuan berubah bentuk (transformasi), dan mengatur diri-sendiri (self-regu lation). Bagi Kuntowijoyo, Islam adalah suatu struktur karena memenuhi tiga karakteristik tersebut.

Ciri keseluruhan disebabkan bahwa struktur terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain. Dalam Islam, lanjut Kuntowijoyo, unsur-unsur itu adalah lima Rukun Islam. Islam juga mengalami transformasi. Awalnya, Islam ber kembang di Mekkah kemudian berkembang ke luar Arab hingga, antara lain, Indonesia.

Ciri self-regulation terjamin karena orisinalitas kalamullah dan keteladanan Nabi SAW. Sehingga, tradisi-tradisi pengambilan hukum dalam Islam di sepanjang sejarah dapat berubah tetapi sumbernya tetap berpusat ke Alquran dan sunnah.

Menurut Kuntowijoyo, strukturalisme transendental akan berguna untuk menyadari totalitas Islam dalam menghadapi perubahan-perubahan di sepanjang sejarah. Soal terbesar bagi Islam ialah bagaimana mengikuti perubahan tanpa kehilangan jati dirinya sebagai agama yang kaffah.

Untuk itu, dalam buku Muslim tanpa Masjid, Kuntowijoyo mengatkaan, kaum Muslim sedikitnya memerlukan kesadaran kolektif-sejarah dan kesadaran akan perlunya objektivikasi.

Kesadaran kolektif, lanjut Kunto wijoyo, mengedepankan persatuan lantaran kesamaan kepentingan. Dia menyajikan contoh di bidang politik. Sebagian umat Islam ada yang terdepan dalam mengupayakan penguatan daya masyarakat madani. Namun, di saat yang sama sebagian Muslim ada pula yang secara konservatif mendukung status quo atau penguasa otoriter.

Adapun kesadaran perlunya objektivikasi itu adalah pengilmuan Islam, yakni upaya menerjemahkan konsep-konsep normatif dari teks Alquran dan Sunnah agar menjadi rumusan-rumusan yang objektif yang dapat dinikmati baik Muslim maupun non-Muslim. [SB]


<< Kembali ke Halaman Sebelumnya




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 951.651
    Sembuh : 772.790
    Meninggal : 27.203
    Dirawat : 151.658

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook