Konseling Psikologi Islam Layani Trauma Pasien Covid

19 Sep 2020, 14:56:41 WIB Dunia Islam
Konseling Psikologi Islam Layani Trauma Pasien Covid

Adanya indikasi gangguan mental akibat pandemi Covid-19 membuat para psikolog bergerak untuk menggelar konseling daring. Layanan ini diikuti banyak warga yang kejiwaannya terguncang.

Asosiasi Psikologi Islam (API) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) mengadakan program dukungan kesehatan mental (psikospiritual) secara daring sejak wabah merebak di nusantara. Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan, psikoedukasi, konseling, dan psikoterapi Islam bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Mereka yang mengalami stres karena terkena pemutusan kerja, bahkan terhadap pasien yang mengalami guncangan kejiwaan setelah dinyatakan positif Covid-19 bisa mengikuti layanan ini.

Baca Lainnya :

Menurut Koordinator Program Dukungan Kesehatan Mental (Psiko-spiritual) Sulawesi Selatan, Ahmad Yasser Mansyur, program tersebut direspons sangat positif oleh masyarakat. Setiap hari banyak warga yang berkonsultasi secara daring kepada tim program tersebut tentang masalah-masalah psikis yang dialami terkait dengan pandemi Covid-19.

"Tidak hanya psikososial, tapi psikospiritualnya kita perkuat. Layanannya konseling dan psikoterapi, pendampingan masalah sehari-hari dan yang paling banyak itu ketakutan mati karena Covid," kata Ahmad Yasser kepada //Republika//, beberapa hari lalu.

Menurut Ahmad, banyak masalah kejiwaan yang dialami masyarakat dengan dilatarbelakangi pandemi. Sebagian mengalami psikosomatis, ketakutan berlebih terpapar Corona, bahkan hingga ketakutan akan kematian. Contohnya,  pasien yang divonis positif Covid-19, atau keluarga pasien yang juga harus menjalani isolasi. Menurut Ahmad, para psikolog Islam berupaya memberikan bantuan dengan terapi dengan pendekatan agama bersumber dari Alquran.

Selain layanan daring, pihaknya juga mencoba bekerja sama dengan salah satu rumah sakit di Sulawesi Selatan dalam menangani pasien positif Covid-19. Terutama pasien yang menjalani isolasi dan mengalami kecemasan dan ketakutan akan kematian karena penyakit yang dideritanya. Layanan ini termasuk menyediakan bahan bacaan bagi pasien tentang langkah-langkah agar pasien bisa mengatasi kecemasannya.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 569.707
    Sembuh : 470.449
    Meninggal : 17.589
    Dirawat : 81.669

Berita Populer

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia



+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
Hosting Unlimited Indonesia