Kominfo: Rakyat Terlalu Lama Tersandera TV Analog

10 Mar 2021, 17:22:12 WIB Teknologi
Kominfo: Rakyat Terlalu Lama Tersandera TV Analog

Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M Ramli mengatakan masyarakat di Indonesia terlalu lama tersandera dalam siaran televisi analog. Hal ini disebut karena sejumlah negara di dunia sudah beralih ke TV digital dari TV analog.

"Jadi kita ini sudah terlalu lama tersandera pada TV analog. Karena negara di dunia sudah bergerak ke digital," kata Ramli saat diskusi virtual Kominfo, Rabu (10/3).

Ramli menjelaskan siaran televisi semestinya sudah beralih ke digital sejak 10 tahun silam. Sebab menurutnya, penggunaan TV digital menawarkan banyak keuntungan baik lembaga penyedia, penyiaran serta dari masyarakat, yang di antaranya yakni memiliki fitur dan kualitas gambar yang lebih jernih.

Baca Lainnya :

Peralihan siaran digital diharapkan mulai November 2022. Pemerintah telah memiliki regulasi dan menyiapkan rencana seleksi penyelenggaraan multipleksing. Regulasi itu tertuang pada Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang merevisi UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Ramli meminta masyarakat untuk mengecek setiap perangkat televisi agar dapat mendukung program Analog Switch Off (ASO). Hal ini untuk memastikan apakah perangkat yang dimiliki sudah siap menerima siaran TV digital.

"Saya ingin mengajak masyarakat untuk mengecek, sudah digital ready atau belum. Ada dua pilihannya. kalau punya bajet ya tukar tv nya ke digital. Kalau tidak punya bajet gunakan Set Top Box (STB)," ujarnya.

STB merupakan perangkat penerima saluran televisi digital yang dapat dihubungkan ke pesawat televisi analog. Kata dia, perangkat ini dapat dibeli terpisah dengan kisaran harga Rp150 ribu hingga Rp250 ribu di pasaran.

Lanjutkan Membaca ke hal.2 >>




Sekilas Info

COVID-19 Indonesia Hari Ini

  • Positif : 4.206.253
    Sembuh : 4.020.801
    Meninggal : 141.381
    Dirawat : 44.071

Berita Populer

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc
+ Indexs Berita

Berita Terbaru

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

kanan - bataroster.com
kanan - MYPIN DELIVERY
kanan - Emiisc